Rabu, 02 Desember 2009

Ponpes AlFutuh Pandes II Rt.8 Wonokromo,Pleret,Bantul

Assalammu'alaikum Wr.Wb






Pondok Pesantren Putra - Putri Al-Futuh


Alamat           : Pades II, Wonkromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Telp                : 0274 - 8262766

Hp                  : 0852 9256 2350


Facebook       : Pondok Pesantren Al-futuh
Twitter           : @Al_Futuhmember





Pesantren merupakan salah salah satu lembaga pendidikan tertua yang muncul diIndonesia.Ia merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai perhatian dalam bidang keagamaan.Peran pesantren di Indonesia pun tidak diragukan lagi.


Untuk saat ini,salah satu pesantren di Indonesia yang masih adalah Pondok Pesantren Al-Futuh.Pesantren ini didirikan pada tahun 1926 oleh Bapak Kyai Masykur ( w. 1976 M) di daerah Pandes II wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta.Pada masa selanjutnya,pesantren ini dikembangkan oleh oleh putra almarhum yaitu Bapak KH.Kusnan, BA.Mulai tahun 1980 dan diberi nama “Al-Futuh” dengan no. Pondok B9373.



Pondok pesantren Al-Futuh bergerak dibidang pendidikan agama Islam yang meliputi pendidikan cara baca Al-Qur,an dan kitab kuning.Dimana pengajaran kitab kuning merupakan salah satu elemen sebuah tradisi pondok pesantren disamping pondok,mushola,santri dan kyai.



Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh pesantren ini adalah Semaan Al-Qur,an (bil ghoib),pengajian fiqih,tarikh,aqidah dan pengkajian Kitab – kitab Kuning lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk menanamkan nilai – nilai ajaran agama Islam pada masyarakat.Selain itu,pesantren ini juga bergerak dibidang sosial yang meliputi : membantu warga yang kurang mampu dengan memberikan bantuan berbentuk makanan,obat – obatan,pakaian,peralatan pendidikan dan perlengkapan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman,dimana arus globalisasi telah mempengaruhi pemikiran masyarakat yang salah satunya menyebabkan mereka mengukur segala sesuatu dengan takaran materi,hal ini mempunyai dampak yang tidak sehat bagi masyarakat,sehingga mereka enggan untuk mempelajari agama,salah satunya dengan media pokok pesantren.

Berangkat dari fenomena ini,para santri PP.Al-Futuh tergerak untuk melakukan sebuah usaha demi lebih mengenalkan pesantren kepada masyarakat.Usaha ini diwujudkan dalam bentuk bakti sosial (baksos) yang mana acara ini melazimkan kata “Pondok Pesantren” agar dapat melekat pada alam bawah sadar (baca: keyakinan) seseorang bahkan keseluruh lapisan masyarakat sehingga mereka tertarik untuk belajar dan keseluruh lapisan masyarakat sehingga mereka tertarik untuk belajar dan menyiapkan generasi penerus dalam gemblengan pondok pesantren.Pada akhirnya mereka akan mengirimkan putra – putrinya kepesantren untuk memperdalam agama.

Hal ini dilakukan tidak lain sekaligus memfungsikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki misi membebaskan peserta didiknya dari blenggu kebodohan yang selama ini menjadi musuh manusia.Bahkan ada sebuah anggapan yang benar yang menyatakan bahwa maju mundurnya suatu masyarakat,bahkan Negara bertolak pada seberapa jauh tingkat pendidikan suatu masyarakat.

Adapun kegiatan – kegiatan dari Pondok Pesantren Al-Futuh :
 

1. TK Masyitoh Al-Futuh (Terakreditasi)



Jumlah murid sebanyak 70 anak dengan tingkat kelulusan 99% ,Sampai saat ini telah meluluskan anak didik yang bermutu di ilmu agama dan umum dari tahun ketahun.


2. TPA Al-Futuh



Dilaksanakan tiap sore hari 3 kali dalam satu minggu.


3. Madrasah Diniyah Al-Futuh

Dilaksanakan pada malam hari mulai pukul 19:00 wib – 20:00 wib,untuk umum dan para santri.

4. Pondok Pesantren Al-Futuh




Ruang lingkup bagi santri yang ingin memperdalam atau belajar al – Qur’an,kajian kitab – kitab
kuning lainnya serta serta sekolah madrasah di Pondok Pesantren Al-Futuh.

5. KEGIATAN UMUM Pondok Pesantren Al-Futuh

   a. Semaan A – Qur’an ( bil ghoib ).
    b. Pengajian fiqih,tarikh,aqidah dll.
    c. Wisuda untuk TK,TPA dan MADRASAH DINIYAH.
    d. Bakti Sosial (BAKSOS).
    e. Ziarah.

6. Prestasi dan Karya Santri Al-Futuh


     1. Technologi Hotspot / WiFi Internet Rt/Rw

                                                    

2. Merancang dan Pembuatan Wajan Bolic



                                              



0 komentar:

Posting Komentar